Objektivitas perusahaan adalah sebuah strategi yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu seperti memaksimalisasi keuntungan, ataupun untuk bertahan hidup.
Struktur pasar dapat mempengaruhi objektivitas dalam perusahaan, perusahaan dapat menggunakan informasi tentang struktur pasar untuk mengatur strategi pemasaran, mempertimbangkan pengambilan keputusan bisnis, dan juga untuk memahami konkurensi yang terdapat di sekitar industri atau perusahaan.
Berikut ini kategori struktur pasar :
- Perfect competition atau pasar persaingan sempurna : Penjual sama-sama menjual barang sejenis dan tidak ada persaingan harga di dalamnya dan harga pasar murni ditentukan oleh mekanisme pasar atau tingkat permintaan atau penawaran. Contohnya yaitu penjual buah.
- Monopolistic competition atau pasar persaingan monopolistik : Penjual banyak yang menghasilkan atau menjual produk yang berbeda-beda, yang membuat posisinya berada di antara pasar persaingan sempurna dan monopoli. Pasar ini tidak adanya homogenitas produk serta adanya kebebasan bagi perusahaan-perusahaan baru untuk masuk ke dalam pasar. Contohnya yaitu salon atau penata rambut.
- Oligopoly : Pasar yang didominasi oleh sejumlah perusahaan yang saling bersaing menual barang-barang yang sama. Biasanya terdapat beberapa perusahaan raksasa yang menguasai 70 hingga 80 persen dari seluruh produksi pada pasar oligopoli. Contohnya yaitu supermarket.
- Monopoly : Pasar monopoli hanya terdapat satu penjual saja yang menjual jenis barang atau jasa tertentu. Contohnya yaitu PLN.
0 Comments